Senin, 15 Juni 2009

PENTINGNYA MENGGUNAKAN HELM YANG BAIK DENGAN BENAR

PENTINGNYA MENGGUNAKAN HELM YANG BAIK DENGAN BENAR

Pas enam bulan semenjak meninggalnya kawanku di kantor pada bulan April lalu kini musibah kembali menimpa kawanku yang meninggal dunia karena kecelakaan motor saat akan berangkat pergi ke kantor. Keduanya adalah manager yang sangat diandalkan di perusahaanku. Namun ironisnya keduanya meninggal dengan tragis setelah tiba di rumah sakit akibat luka yang serius di kepala karena kecelakaan motor di jalan raya. Kini seluruh staff dan karyawan di perusahaanku kembali berduka melepas kepergiannya yang begitu cepat dan tak terduga. Semoga amal ibadahnya diterima di sisiNya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.
Memang rezeki, jodoh dan maut seseorang sudah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa, tidak ada seorangpun yang tahu. Kita hanya bisa pasrah dan berdoa serta selalu ingat bahwa maut bisa menjemput kita kapan saja dan dimana saja. Semua adalah kehendakNya.
Akan tetapi dari musibah yang terjadi ini kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran berharga bahwa menggunakan helm yang aman saat berkendara motor itu sangat penting. Ingat kepala kita adalah organ vital yang mengatur seluruh fungsi organ tubuh. Jika kepala terbentur benda keras sedikit saja, rasa sakitnya bukan main. Apalagi jika sampai terluka dan mengalami pendarahan di dalam kepala ? naudzubillah. Keluarga kita mungkin akan sulit membayar biaya pengobatannya karena biasanya harus dioperasi, dan kalaupun sembuh mungkin kita tidak akan bisa sembuh total seperti sedia kala.
Makanya…. buat temen yang masih memakai helm dari dealer motor atau helm catok yang harganya murah banget dan kalo ditiup bawahnya akan keluar enam buah kaki seperti keong he..he… Jadi, Pikir-pikir lagi deh !!! karena helm jenis itu tidak bisa melindungi kepala kita dengan baik. Paling-paling hanya melindungi kita dari peluit polisi. Pakailah helm standar yang harganya sekitar Rp 100-400 ribu.. Memang sih… mahal,,,,tapi anggaplah itu sebagi investasi untuk keselamatan kita di jalan raya. Bayangkan kalo kita sampe masuk rumah sakit dengan luka serius di kepala akibat kecelakaan motor ??? biaya pengobatannya akan lebih mahal dari harga helm yang kita beli….
Nah… buat temen-temen yang udah punya helm standar, gunakanlah dengan baik, yaitu dengan mengancingkan talinya dengan benar supaya aman dan nyaman di kepala… !!! jangan cuma asal kelihatan memakai helm didepan polisi… !!! Terus kalo kita mau boncengin orang, alangkah baiknya kalo yang kita boncengin juga memakai helm standar yang lebih aman. Masa sih kita mau cari aman sendiri ??? inget, kalo kita boncengin orang, keselamatan orang yang kita boncengin adalah tanggung jawab kita selaku pengendara motor.
Oke…, kalo sudah memakai perlengkapan yang aman, jangan lupa berdoa sebelum berkendara, berhati-hatilah di jalan dan patuhilah semua rambu-rambu lalu lintas. Emang sih… aku juga masih sering melanggar rambu-rambu lalu lintas. Tapi semenjak musibah tragis yang menimpa kedua kawanku ini, rasanya jadi merinding kalo melanggar rambu lalu lintas lagi. Dan yang terakhir jaga kondisi fisik, istirahatlah yang cukup, jangan paksakan diri untuk berkendara jika kondisi fisik tidak memungkinkan. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Amiiin.

Jakarta, 10 Oktober 2007 16.17 pm

Tidak ada komentar: